Empat guru Sekolah Qur’anĀ  Wahdah Islamiyah Cibinong mengikuti sertifikasi musyrif level basic pada Selasa-Rabu (18-19/10/2022).

Kegiatan ini digelar Griya Parenting Indonesia bekerjasama dengan Pesantren Tahfidz Wahdah Islamiyah Cibinong Bogor di M-One Hotel Bogor.

 

Pada kegiatan ini SQ Wahdah mengutus empat peserta, yakni Ustadz Abdul Muhaimin (kepala pengasuhan dan guru mapel), Ustadz Sholahuddin (pengasuh/musyif, muhaffidz, dan guru mapel), Ustadz Rosdianto (musyrif, wali kelas dan guru mapel), dan Ustadz Mursalim (musyrif, wali kelas, dan guru mapel).

 

Menurut Pimpinan Pesantren Tahfidz Wahdah Islamiyah Cibinong, Ustadz Syamsuddin, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru pengasuh santri di asrama pesantren.

 

“Melalui pelatihan dan sertifikasi ini kita berharap para guru dan tenaga pendidik yang sehari-hari mengasuh dan membina santri di asrama pondok pesantren mengalami peningkatan dalam aspek skill dan kompetensi pengasuhan”, jelasnya.

 

Karena mengasuh dan membina santri di asrama pesantren, lanjutnya merupakan tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan.

 

“Musyrif yang mengasuh santri di asrama pesantren harus kompeten, karena mereka mendidik santri dalam berbagai aspek, khususnya yang terkat dengan kecakapan dan keterampilan hidup”,imbuhnya.

 

Agenda bedah kamar santri sebagai rangkaian dari kegiatan Sertifikasi Musyrif

Acara pelatihan dan sertifikasi ini memadukan antara teori dan praktik. Dimana di sela-sela materi pelatihan berupa teori, peserta langsung dibimbing melakukan praktek seperti, menyusun aturan kamar santri, menyusun standar operasional prosedur (SOP) asrama, dan sebagainya.

 

Selain itu peserta juga melakukan praktik bedah kamar santri. Karena tema pelatihan level basic program ini adalah merancang asrama yang bersih, rapi, dan nyaman.

 

Praktik bedah kamar dilakukan di asrama santri tahfidz Wahdah Islamiyah Cibinong Bogor. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *