BOGOR, PILARINDONESIA.COM – Ketua Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) Pusat, Ustadz Nursalam Sirajuddin, sangat berharap lembaga yang diamanahkan kepadanya mampu menjadi penyokong lahirnya guru PAUD yang lebih berkualitas.

 

Olehnya, dia menjelaskan sejumlah faktor yang dapat menunjang kualitas atau pun skill dari seorang tenaga pendidik, terutama pada empat kompetensi, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian.

 

Dia menjelaskan, kompetensi pedagogik adalah kemampuan seorang guru dalam memahami peserta didik.

 

“Ini sangat banyak di antara para guru-guru kita yang betul-betul belum memahami bagaimana karakteristik peserta didiknya, karena di antara peserta didik itu hampir semua dikatakan memiliki karakteristik yang berbeda, ada anak yang cerdas, yang memang mudah untuk mencerna pelajaran, ada yang lambat, ada yang sedang, kemudian ada memang yang betul-betul sangat lambat dalam memahami sebuah pelajaran, sehingga guru harus betul-betul memahami karakteristik peserta didiknya,” jelasnya.

 

Kemudian, Ustadz Nursalam melanjutkan, kompetensi sosial adalah sebuah kompetensi yang harus dimiliki guru untuk berkomunikasi dan bergaul dengan tenaga pendidik lainnya serta peserta didik, juga termasuk masyarakat.

 

“Kalau ini dimiliki seorang guru, maka apa yang dilaksanakan di sekolah tersebut benar-benar akan diterima masyarakat lebih luas,” ujarnya.

Berikutnya, Ustadz Nursalam menyampaikan, yakni kompetensi profesional adalah menguasai terhadap materi pembelajaran dengan luas dan mendalam, punya wawasan, bukan hanya pada materi sisi pelajaran yang diajarkan tetapi juga materi pembelajaran yang lain, sehingga subtansi ilmu yang menaungi materi pembelajaran tersebut dikuasai secara struktur, termasuk metodologi keilmuannya.

 

“Ini sebenarnya yang kita harapkan dalam kerjasama yang digagas antara YPWI Pusat dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan UIKA Bogor, sehingga para guru-guru PAUD yang ada di daerah, wilayah dan di pusat, dapat mengikuti nanti pelatihannya,” tuturny a.

Sumber : https://pilarindonesia.com/2022/02/15/ypwi-pusat-berkomitmen-cetak-guru-paud-berkualitas/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *