Cibinong- Memasuki akhir tahun ajaran 2020 M dan menjelang  liburan panjang di akhir Ramadhan dan Syawal, Pesantren Tahfidz Wahdah Islamiyah  Cibinong Bogor mengadakan Ujian Akhir Terbuka Tahfidz, Senin ( 19/04/2021).

Kegiatan yang berlangsung  di Masjid Ibnu Katsir Komplek Pesantren Tahfidz Wahdah islamiyah yang berlokasi di Jln. H. Iyang Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong Kab. Bogor Jawa Barat.

Ujian akhir hafalan yang digelar secara terbuka ini diikuti  25 santri, yang  terdiri atas 14 santri kelas XII (SMA) dan 9 santri kelas IX (SMP).

Ustadz Muhammad Raihan sebagai salahsatu penguji dalam kegiatan ini memberikan kriteria kelulusan  dengan Itqon nilai 50, Tajwid 40 dan Adab 10.

“Ujian yang pertama kali diadakan sebelum Wisuda Khataman Qur’an , dengan nilai kelulusan minimal 75”, ujarnya

“Pelaksanaan ujian terbuka ini adalah yang pertama kali bagi pondok, Sebelumnya hanya sebatas ujian di kelas masing-masing,”  ujar Raihan.

Ustadz Wanuzulan selaku penanggungjawab Unit Tahfidz mengatakan kalau kedepan, akan dilangsungkan tiap akhir semester, dan terkhusus untuk kelas 9 dan 12 maka dilaksanakan tiap sebelum Wisuda kelulusan mereka.

“Dengan adanya program ini kita dapat melihat tingkat kualitas hafalan santri, sebelum wisuda kelulusan mereka “, pungkasnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *